Cara Mematikan Update Windows 10

January 14, 2017
90 views

Cara mematikan update windows 10 tetap bisa dilakukan walaupun tidak terlihat opsi untuk mematikan windows update. Para user OS windows 10 seolah-olah dipaksa untuk selalu mengupdate PC-nya melalui windows update yang secara otomatis akan mengecek update, mendownload dan kemudian menginstalnya tanpa sepengetahuan kita. Sebenarnya fitur windows update otmatis bagus untuk para user, karena windows 10 akan selalu update dan bahkan upgrade build dengan versi terbaru. Namun bagi sebagian user hal tersebut justru membuat mereka tidak nyaman apalagi disaat kuota internet sedang dalam kondisi minim.

Nah bagi anda yang merasa terganggu dengan windows update otomatis ini dapat disiasati dengan beberapa cara mematikan update windows 10 sebagai berikut :

Cara ke 1 menggunakan group policy editor

Cara mematikan update windows 10 dengan menggunakan pasilitas group policy editor ini, hanya dapat dilakukan oleh para user windows 10 edisi enterprise, profesional dan education. Jadi bagi anda yang memakai edisi home tidak bisa menggunakan cara ini.

Cara membuka group policy editor bisa dilakukan dengan cara membuka kotak dialog run (tekan logo windows + R) lalu ketikan gpedit.msc kemudian enter.

Setelah terbuka lokal group policy editornya langkah selanjunya adalah cari alamat ini computer configuration > administrative templates > windows components > windows update. Untuk mengatur policy-nya  pada Configure Automatic Updates” lakukan double click kemudian tandai enabled serta “Notify for download and notify for install” lalu tekal tombol apply.

Cara ini sebenarnya tidak mematikan windows update secara penuh tetapi berfungsi agar windows mengonfirmasi dulu kepada anda pada saat terdapat update sehingga anda memiliki pilihan apakah akan melakukan pembaruan atau tidak.

Baca Juga  Cara Update Windows 10 Offline

Cara ke 2 menggunakan services.msc

Cara mematikan update windows 10 dengan menggunakan services.msc merupakan cara yang paling baik agar windows update otomatis secara penuh terhenti. Dengan demikian akan mematikan layanan untuk mengecek, mendownload dan kemudian menginstal pembaruan termasuk juga update windows defender.

Langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah yaitu :

  • pertama, ketikan “services” pada star menu atau anda dapat membuka kotak dialog Run kemudian ketikan “services.msc” lalu tekan enter.
  • kedua, pada services list anda akan menemukan nama “windows update” lalu klik kanan atau klik dua kali kemudian klik properties selanjutnya ubahlah pengaturan menjadi disabled kemudian klik tombol applay.
  • ketiga, lakukan restart PC anda. Dengan cara mematikan update windows 10 ini maka sekarang windows update anda tidak akan berjalan, yang artinya anda tidak akan mendapatkan update terbaru dari Microsoft.

Cara ke 3 menggunakan metered connection

Cara mematikan update windows 10 dengan menggunakan metered connection berarti anda akan menetapkan suatu koneksi sebagai “metered”. Maka dengan demikian  windows 10 secara otomatis tidak akan melakukan pembaruan pada koneksi tersebut. jadi windows 10 hanya akan kembali melakukan pembaruan manakala komputer anda tersambung dengan jaringan yang nonmetered.

Oleh karena itu, cara mematikan update windows 10 bisa dilakukan manakala anda tidak ingin melakukan update otomatis pada jaringan Wi-Fi atau seluler anda. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengesetnya menjadi metered dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Baca Juga  Cara Downgrade Windows 10 Ke Windows 7 dengan Mudah

Pertama,  bukalah menu setting pada windows 10 anda

Kedua, masuklah pada menu network dan internet

Ketiga, pada menu Wi-Fi anda pilih advanced options

Keempat, aturlah metered connection menjadi On

Cara mematikan update windows 10 dengan pengaturan seperti ini hanya akan berdampak pada jaringan Wi-Fi yang sudah anda setting, dan windows akan mengesave setiap pengaturan yang dilakukan.

Demikian cara mematikan update windows 10 yang dapat saya share semoga menjadi solusi bagi anda yang tidak nyaman dengan windows update otomatis. Baca juga artikel sebelumnya Antivirus Terbaik 2017 PC.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+