Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus

February 16, 2017
183 views

Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus memang yang paling sering digunakan. Hal ini merupakan rumus yang paling dasar. Disamping itu, rumus yang paling umum digunakan adalah pengurangan, perkalian dan juga pembagian. Rumus – rumus tersebut merupakan jeis rumus-rumus yang mungkin paling banyak dipakai sehari-sehari.

Ada berabgai cara yang bisa digunakan untuk untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan juga pembagian. Yakni mulai dari menghitung dengan cara manual atau dengan menggunakan batntun alat penghitung seperti Calculator. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan mengenai cara memakai rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dalam Microsoft Excel. Berikut ini penjelasan mengenai rumus tersebut selengkapnya.

Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus

Microsoft Excel telah menyediakan fasilitas rumus untuk bisa mempermudah kerja anda. Ada beberapa Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus yang bisa anda gunakan, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan operator plus (+)

Contohnya pada cell A2 anda bisa masukkan angka 150, kemudian pada cell B2 masukkan angka 50. Setelah itu pada cell C2 masukkan rumus = A2+B2. Setelah itu tekan ENTER. Maka anda akan memperoleh hasilnya yakni 200.

  1. Menggunakan Fungsi SUM.

Salah satu rumus yang dapat anda gunakan adalah SUM. SUM memiliki funsi untuk melakukan penjumlahan angka, nilai ataupun bilangan. Sekarang untuk mengganti rumus pada cell C2 menjadi seperti =SUM(A2:B2). Setelah itu tekan ENTER, maka hasilnya pun juga akan sama yaitu 200.

Baca Juga  Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Mudah

Sebenarnya keuda cara tersebut diatas sama-sama baik. Untuk anda yang baru belajar mengoperasikan Excel, maka penggunaandari operator plus (+) tentu akan lebih mudah duntuk inga. Namun, kelemahannya adalah apabila jumlah data yang dijumlahkan ada banyak pasti akan sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Contohnya seperti menjumlahkan data dari A1 s.d A1000, tentu rumus yang harus ditulis akan seperti ini A1+A2+A3… hingga +A1000. Tentu hal tersebut akan sangat banyak menyita waktu anda dan bisa dibilang kurang efektif sebab rumus akan menjadi sangat panjang. Hal ini berbeda dengan penggunaan Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus. Untuk menjumlahkan data dari A1 sampai A1000, anda hanya cukup menuliskan rumus =SUM(A1:A1000). Rumus SUM memang jauh lebih simple rumusnya dan pasti akan menghemat waktu.

Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus (Pengurangan, Perkalian, Pembagian)

Selain bekajar mengenai Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus, anda tentu juga harus mengetahui rumus untuk pengurangan, perkalian, dan pembagiannya. Berikut ini adalah penjelasannnya:

  1. Rumus Pengurangan.

Untuk menggunakan rumus pengurangan di Microsoft Excel, tidak ada fungsi ataupun formula khusus yang dapat digunakan. Sebab mungkin dalam pengurangan memang pada umumnya tidak melibatkan banyak data. Dalam melakukan operasi pengurangan dpada Microsoft Excel, anda cukup menggunakan operator minus (-). Contoh: pada cell A2 masukkan 200 dan pada cell B2 masukkan 50, lalu pada cell C2 masukkanlah rumus = A2-B2. Setelah itu tekan ENTER.

  1. Rumus Perkalian.
Baca Juga  Berbagai Macam Rumus Pembulatan Dan Pengurangan Di Excel

Penggunaan rumus Perkalian pada program Microsoft Excel ada 2 cara. Pertama adalah menggunakan operator asterisk (*) dan yang kedua adalah dengan  menggunakan formula PRODUCT. Contohnya: pada cell A2 masukkan angka 150 dan di cell B2 masukkan angka 5, lalu pada cell C2 masukkanlah rumus = A2*B2, setelah itu tekan ENTER maka hasilnya 7500. Lalu coba rubah rumus di C2 menjadi =PRODUCT(A2:B2) maka hasil yang diperoleh akan sama.

  1. Rumus Pembagian.

Untuk operasi pembagian gunakan operator slash (/). Contoh di cell A2 masukkan angka 500 dan di cell B2 masukkan angka 5, lalu pada cell C2 masukkanlah rumus = A2/B2, setelah itu tekan ENTER maka hasilnya 100.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Menjumlahkan di Excel dengan Rumus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+