Cara Sharing Printer Windows 8

January 19, 2017
122 views

Cara sharing printer windows 8 pada dasarnya sama dengan windows versi sebelumnya, windows XP atau windows 7. Secara umum diperlukan beberapa konfigurasi yang harus dilakukan yaitu mengaktifkan file and printer sharing.

Cara sharing printer windows 8 ini merupak langkah efektif dalam berbagi printer dengan pengguna komputer lain. Kita dapat mencetak dokumen dari beberapa komputer secara sekaligus pada satu printer. Kita tidak perlu lagi copy data dan bolak-balik ke komputer yang ada printernya, atau kita tidak perlu repot-repot lagi mencabut kabel USB printer untuk dipindahkan ke komputer kita ketika akan ngeprint dokumen.

Cara sharing printer windows 8 membutuhkan jaringan LAN atau Wi-Fi yang tersambung antara satu komputer dengan komputer lainnya. Cara ini biasanya sering di pakai di warnet, rental komputer, maupun di kantor-kantor.

Bagi anda yang memiliki komputer dengan OS-nya windows 8 dan akan sharing printer suapaya bisa dipakai ngeprint secara bersama-sama dengan komputer atau laptop lain, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah cara sharing printer Windows 8 berikut ini :

  1. Setting Printer Pada PC Server

Langkah pertama dalam cara sharing printer windows 8 adalah dengan mengaktifkan “file and printer sharing”. Caranya, pada taksbar klik icon windows (star menu) lalu pilih dan klik devices and printers yang letaknya ada di sebelah kanan star menu.

Sebuah jendela yang menampilkan berbagai perangkat yang terhubung ke komputer anda akan muncul termasuk printer.

Baca Juga  Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Mudah

Selanjutnya, klik kanan pada printer yang akan anda sharing lalu pilih properties sehingga akan muncul sebuah kotak dialog lalu klik pada tab sharing lalu ceklist pilihan “share this printer” kemudian di bawahnya anda berinama untuk menandainya dengan cepat.

Setelah selsesai semuanya, anda klik tombol apply kemudian klik OK. Maka dengan demikian printer anda sudah dapat terhubung dengan beberapa komputer lainnya.

Cara lain yaitu : Klik menu star > control panel> hardware and sound> view device and printers. Selanjutnya sama seperti cara di atas.

  1. Setting PC client

Cara sharing printer windows 8 yang perlu dilakukan sesudah printer sharing diaktifkan yaitu menyambungkan komputer lain (clien) ke printer tersebut. Ada dua cara yang dapat dilakukan yaitu :

Cara ke-1 :

Seperti langkah di atas, klik menu star lalu buka menu devices and printers kemudian pilih dan klik tombol add a printer di sebelah atas kotak jendela. Selanjutnya jendela baru akan muncul dengan dua pilihan, dan silahkan anda pilih opsi yang kedua lalu tekan tombol next.

Pada jendela selanjunya anda harus memilih printer yang akan dipakai. Apabila belum tersedia, silahkan pilih dan klik browser for a printer lalu klik next dan tunggu beberapa saat sampai windows dapat mendeteksinya.

Setelah ditemukan, silahkan pilih lalu klik next dan tunggu beberapa saat sampai proses penginstalan selsesai.

Baca Juga  Cara Downgrade Windows 10 Ke Windows 7 dengan Mudah

Selanjutnya lakukan test page untuk memastikan komputer sudah tersambung dengan ke printer.

Cara ke-2 :

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Pertama, buka windows explorer (tekan Ctrl + E) pada komputer clien, kemudian masuk kedrive network, anda akan melihat daftar komputer yang terdapat pada jaringan, lalu pilih komputer server yang tersambung.

Kedua, pada umumnya printer yang di share akan muncul bersamaan dengan file sharing, lalu klik kanan pada printer yang akan anda gunakan, kemudian pilih connect.

Ketiga, tunggu sampai proses instalasi network printer selesai. Disini anda tinggal hanya mengikuti proses penginstalan sampai selesai

Ketiga, cek pada control panel > devices and printers.

Apabila langkah-langkah cara sharing printer windows 8 di atas sudah selesai dilakukan maka sekarang anda dapat mencetak dokumen melalui jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+