Cara Flash Android Tanpa PC

February 14, 2017
275 views

Cara flash android tanpa PC merupakan tutorial yang akan saya bahas sekarang dan ini termasuk cara yang bisa dibilang cukup mudah. Kenapa demikian? Karena Anda tidak akan memerlukan PC, cukup  pada Smartphone Androidnya saja.

Tentunya ada berbagai sebab mengapa harus melakukan cara flash Android tanpa PC. Mungkin karena Android sering hang, Android sudah mulai lemot atau terjadi bootloop karena kesalahan instalasi firmware dan lain sebagainya. Selain itu, kebanyakan dari kita biasanya tidak terlalu suka dengan yang ribet sehingga akan mencari cara flash atau install ulang Smartphone Androidnya yang paling simpel. Dan kalau harus ke konter pasti membutuhkan biaya yang lumayan mahal.

Pada dasarnya flash Android atau Install ulang Android bukan termasuk kedalam kategori Advanced dan Tweaking. Karena flash Android merupakan hal dasar yang dilakukan pada sistem atau kita menyebutnya dengan istilah ROM pada Android. Sesungguhnya cara flash Android tanpa PC sudah disediakan menunya oleh pabrikan Androidnya. Namun tidak semua Smartphone Android memiliki fitur flash tersebut.

Cara flash Android tanpa PC

  1. Cara flash Android tanpa PC yang kondisi Androidnya hidup

Jika Anda menginginkan sistem Android smartphone Anda fress kembali seperti baru maka dapat melakukan flash atau install ulang Android supaya kembali ke pengaturan awal pabrik atau reset factory. Caranya tentu sangat mudah dan bisa dilakukan pada semua tipe dan merk Android.

Baca Juga  Cara Root Android Dengan PC

Langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Nyalakan smartphone Android Anda seperti biasa
  2. Kemudian masuk ke pengaturan atau setelan
  3. Lalu pilih buat cadangan dan setel ulang (Backup dan Reset)
  4. Lalu pilih kembali ke setelan pabrik (factory reset)
  5. Silahkan tekan tombol setel ulang telepon
  6. Biasanya kita akan diberikan pilihan apakah akan memformat SD card eksternal atau tidak. Jika ya silahkan centang.
  7. Seteleh itu maka Smartphone Android Anda akan restart secara otomatis itu artinya sudah selesai.
  8. Cara flash Android tanpa PC yang kondisi Androidnya bootloop

Apabila kondisi Smartphone Android Anda mengalami bootloop maka install ulang dan flash ROM android mesti dilakukan, mungkin hukumnya wajib kali ya. Jika Smartphone Android Anda sudah dilengkapai dengan sistem recovery maka kemungkinan berhasilnya sangat besar, namun demikian sebaliknya.

Perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  1. Pastikan baterai Smartphone Android Anda penuh atau tidak kurang dari 60%. Lalu lepas baterainya dan kembali pasang ulang.
  2. Selanjutnya masuk pada Android recovery mode dengan cara menekan volume up + Home + Power secar bersama-sama selama beberapa detik hingga Android Anda bergetar. Jika menu Home tidak ada pada Smartphone Android Anda maka cukup menekan volume up + power saja secara bersama-sama.
  3. Apabila sudah masuk pada recovery mode atau stock recovery pilih factory reset atau wipe data. Untuk navigasi naik turun Anda bisa menggunakan tombol volume. Dan untuk menjalankan perintah Anda dapat menggunakan tombol Home atau Power.
  4. Proses reset pabrik Android dan install ulang firmware atau ROM Android akan berjalan dan Anda harus menunggu hingga selesai reboot otomatis.
  5. Jika tidak, Anda bisa memilih opsi Reboot System Now dan selesai.
Baca Juga  Cara Menghilangkan Iklan Di Android Dengan Mudah

Jika kondisi Smartphone Android Anda mati total artinya tombol power tidak berfungsi saat Anda tekan maka mau tidak mau Anda harus melakukan flash ROM Android menggunakan PC.

Demikian tutorial cara flash Android tanpa PC dengan mudah dan cepat, langsung dari smartphone Android. Silahkan Anda coba dan smoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+