Cara Membuka Task Manajer Di Laptop

January 24, 2017
681 views

Cara membuka taks manajer di laptop tidak lah sulit, prosesnya sama saja ketika kita membuka taks manajer pada komputer. Taks manajer itu sendiri merupakan salah satu fasilitas dari Windows untuk melakukan berbagai perintah tertentu misalkan menghentikan atau menutup program secara paksa, menghentikan atau menutup proses yang sedang berjalan, untuk mengetahui performance laptop atau komputer tentang memory yang digunakan, melakukan standby, restart laptop, log off laptop, shutdown laptop dan switch user.

Fitur task manager dari windows ini sangat bermanfaat sekali dalam membantu kita ketika sebuah program atau process yang sedang berjalan tidak dapat dimatikan atau ditutup dengan cara normal. Ketika kita merasa kesulitan untuk menutup suatu program sedang berjalan, maka task manager bisa menjadi solusi. Atau ketika kita merasa kesulitan untuk shutdown laptop, karena tombol shutdownnya tidak muncul, atau ingin mematikan proses yang berjalan pada background karena laptop berjalan lambat maka taks manajer bisa jadi jalan keluranya. Mengingat akan pentingnya task manager tersebut, Windows memberikan berbagai alternatif cara membuka taks manajer di laptop.

Dan berikut cara membuka taks manajer di laptop yang paling mudah.

  1. Cara membuka taks manajer di laptop dari taskbar

Membuka taks manajer dari taksbar merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Dan saya yakin sudah banyak yang tahu tentang cara ini. Caranya klik kanan pada taskbar kemudian pilih start task manager pada pilihan yang tersedia. Maka windows task manager akan otomatis terbuka di layar desktop pada laptop kita.

  1. Cara membuka taks manajer di laptop dengan menggunakan shortcut keyboard
Baca Juga  Cara Download dan Instal Game di Laptop

Untuk membuka windows task manajer, khusus bagi para pengguna laptop dengan OS Windows 7, 8 dan 10, bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc.

Sedangkan bagi para pengguna lain (komputer awal 2000-an) bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del.

  1. Cara membuka taks manajer di laptop malalui command prompt

Tekan tombol Windows + X untuk membuka command prompt, lalu pilih Command Prompt. Namun, untuk Windows 7, kita bisa menjalankan command prompt dari Start Menu. Ketikan perintah “taskmgr” (tanpa tanda petik ya) lalu enter untuk membuka windows task manager.

Jika kita bermaksud membuka task manager sebagai administrator guna menghilangkan beberapa limit penggunaan, maka kita dapat membuka command prompt sebagai administrator dari Start Menu kemudian jalankan perintah di atas tadi.

  1. Cara membuka taks manajer di laptop malalui Run

Sama seperti cara melalui command prompt di atas, kita juga dapat membuka dan menjalankan task manager melalui Run. Caranya cukup dengan menekan tombol Windows + R lalu ketikan “taskmgr” (ingat tidak pakai tanda petik ya) kemudian enter.

  1. Cara membuka taks manajer di laptop dari file explorer

Selain dari cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, kita juga dapat membuka dan menjalankan windows task manager secara langsung dari file explorer.

Caranya cukup mudah juga kita tinggal buka folder windows\system32 di drive instalasi Windows lalu cari file Taskmgr.exe lalu klik dua kali file tersebut.

Baca Juga  Cara Screenshot Di Laptop Yang Paling Cepat dan Mudah

Nah itulah 5 cara membuka taks manajer di laptop yang dapat kita gunkan. Cara-cara tersebut jelas lebih efektif dan efisien serta sangat mudah untuk kebutuhan dan tujuan tertentu maupun ketika kita berada dalam situasi sulit untuk mengatasi program atau aplikasi yang not responding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+