Cara Menghilangkan Teks Otomatis Pada Android

February 2, 2017
257 views

Pernahkah Anda pernah merasa terganggu dengan adanya saran koreksi atau kata ketika Anda sedang mengetik pesan ke teman Anda? Bagus memang jika kata yang disarankan sesuai dengan apa yang ingin anda tulis, namun bagaimana jika yang disarankan tidak sesuai dengan yang diinginkan, bisa jadi SMS atau pesan BBM yang Anda ketik malah banyak yang typo atau salah ketik. Anda bisa mengatur ulang auto text atau auto cerrection dengan cara menghilangkan teks otomatis pada Android.

Cara menghilangkan teks otomatis pada Android tidak sulit. Saya yakin hampir semua pengguna Android akan bisa melakukannya. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan masih ada yang bingung bagaimana caranya. Bila anda belum mengetahui bagaimana pengaturan fitur auto texs (teks otomatis) bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya ulas pada artikel ini.

Fungsi auto correction atau auto text/teks otomatis itu sendiri sebenarnya merupakan satu fitur pada Android untuk memperbaiki kata-kata yang salah ketik. Walaupun pada umumnya fitur ini hanya mendukung beberapa bahasa saja seperti bahasa Inggris, namun saat ini beberapa merk Android sudah mendukung auto text dalam Bahasa Indonesia. Akan tetapi bagi Anda para pengguna Android yang sering menggunakan bahasa gado-gado atau sering ngetik pesan disingkat mungkin auto text tidak cocok.

Jika Anda sudah melakukan setting auto text dengan cara menghilangkan teks otomatis pada Android maka jika ada kata yang salah ketik Anda harus memperbaikinya sendiri.  

Baca Juga  Lupa Password iCloud, Ini Solusinya!

Dan inilah langkah-langkah cara menghilangkan teks otomatis pada Android yang mudah untuk dilakukan pada settingan Android Anda.

  1. Langkah pertama cara menghilangkan teks otomatis pada Android yaitu masuk ke menu Setting (Setelan), lalu pilih Language & input (Bahasan dan masukan), kemudian selanjutnya Anda bisa melihat pada keyboard Android saat ini yang Anda gunakan, ada yang memakai Android keyboard (AOSP) atau Google Keyboard. Pilih salah satu sesuai dengan apa yang ada pada Android Anda.
  2. Langkah kedua cara menghilangkan teks otomatis pada Android yaitu tap pada bagian kanan Android keyboard (AOSP) atau pada Google Keyboard. Setelah itu jendela Android keyboard settings pada Android Anda akan terbuka, kemudian geser untuk mencari bagian Koreksi otomatis atau Auto-correction. Jika sudah Anda temukan kemudian tap pada Koreksi otomatis atau Auto-correction untuk menghilangkan fungsi otomatis memperbaiki penulisan suatu kata dengan memilih off atau mati. Danjika Anda ingin menyembunyikan kata–kata yang disarankan saat mengetik maka pada show correction suggestions diganti dengan always hide.

Setelah Anda berhasil mematikan semua pilihan di atas, maka secara otomatis saran kata yang biasanya ditampilkan akan hilang ketika Anda mengetikan suatu kata pada saat akan mengirim pesan SMS atau BBM. Alhasil Anda pun bisa lebih nyaman dan dapat menghindari typo atau salah ketik gara-gara saran kata yang diberikan otomatis tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Baca Juga  Antivirus Android Terbaik 2017

Cara menghilangkan teks otomatis pada Android dapat bermanfaat untuk Anda yang tidak ingin diganggu lagi dengan pilihan-pilihan input keyboard tambahan yang disarankan pada Android. Saya sendiri lebih senang dan menyukai mengetik dengan cara manual tanpa ada intervensi dari Android.

Nah itulah langkah-langkah mudah cara menghilangkan teks otomatis pada Android. Pada umumnya langkah-langkah di atas sama pada semua tipe Android. Namun jika terdapat perbedaan Anda bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan merk Android yang Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+