Cara Partisi Hardisk Windows 10 Saat Instal Ulang

February 6, 2017
660 views

Cara partisi hardisk windows 10 saat instal ulang perlu dilakukan dengan baik. Apalagi jika data yang Anda simpan di laptop cukup banyak, maka akan sangat baik Anda membaginya lagi atau membuat partisi pada hardisk laptop tersebut. Jangan Anda biarkan data atau file-file pada laptop Anda menumpuk tidak beraturan. Karena hal tersebut  akan menyulitkan Anda ketika suatu saat Anda membutuhkan dan mencari data atau file tersebut.

Bicara mengenai cara partisi hardisk windows 10 saat instal ulang, sebagian orang merasa bingung, apalagi bagi orang yang awam akan ilmu komputer. Jangankan partisi ketika menginstall ulang windows pada hardisk yang sudah dipakai, partisi pada hardisk baru yang masih kosong pun kerap menjadi tahap yang cukup sulit.

Pada artikel ini, saya akan menunjukan cara partisi hardisk windows 10 saat instal ulang. Jika memang Anda merasa belum mampu melakukan partisi hardisk ketika menginstall ulang windows 10, mari sama-sama kita pelajari di sini. Secara khusus di sini kita akan mempelajari cara mempartisi hardisk yang sudah pernah digunakan.

Baiklah langsung kita bahas cara partisi hardisk windows 10 saat instal ulang

Anda mesti berhati-hati pada saat melakukan partisi apabila kondisi hardisknya sudah digunakan, dalam arti terdapat data di dalamnya. Alangkah baiknya jika Anda membackup terlebih dahulu data-data penting yang ada pada laptop Anda. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah :

  1. Sebelum anda memformat bagian drive C:\ yaitu lokasi dimana sistem windows diinstall, pastikan kalau Anda tahu dimana letak drive yang terinstall windows tersebut. Karena biasanya Anda tidak akan melihat label nama drive C, D, E, dan seterusnya. Nah untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memberi label nama “System Windows” pada drive C. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah mengenali partisi tersebut.
  2. Jika Anda sudah mengetahui partisi yang menyimpan sistem operasi windows, lanjutkan pada langkah berikutnya yaitu memformat/delete partisi tersebut supaya nantinya bisa dipakai untuk sistem operasi windows 10 yang baru.
Baca Juga  Cara Memindahkan Foto dari iphone ke Laptop Dengan Mudah

Sebagai contoh kita akan delete dua partisi pada hardisk Anda : Partition 1 yaitu System Reserved dan Partition 2 yaitu System Windows. Untuk melakukan hal tersebut caranya adalah pilih partisi yang akan Anda delete, lalu klik tombol Delete yang ada dibagian bawah. Apabila Anda melihat sebuah notifikasi yang muncul, klik Ok.

Apabila langkah tersebut sudah Anda lakukan, maka akan melihat space kosong, biasanya terletak pada bagian posisi pertama dan label nama Unallocated Space. Drive kosong inilah  yang nantinya bisa Anda pakai untuk menginstal ulang windows 10.

  1. Langkah selanjutnya yaitu pada space kosong tersebut Anda dapat membuat partisi baru terlebih dahulu. Caranya klik space drive tersebut, lalu klikNew, lalu Anda masukkan jumlah kapasitas yang Anda inginkan atau Anda bisa memakai total kapasitas space yang tersisa, lalu klik Apply. Apabila muncul notifikasi, Anda klik saja Ok.

Sesudah itu akan ada lagi muncul dua partisi yaitu System reserved dan satu partisi yang baru Anda buat tadi yaitu Partition 2. Kemudian Klik pada Partition 2 itu, kemudian klik tombol Next.

Nah begitulah cara partisi hardisk windows 10 saat instal ulang yg biasa dilakukan. Dan apabila hardisk tersebut memang sudah ada datanya, Anda harus berhati-hati saat saat menginstalnya, pastikan bahwa partisi yang Anda format untuk sitem operasinya sudah tepat. Awas jangan sampai data-data penting di drive D:\ atau drive E:/ malah terhapus akibat kesalahan Anda dalam memformat.

Baca Juga  Cara Install Ulang Windows 8 dengan Flashdisk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan di FacebookBagikan di Google+